Saturday, January 8, 2011

Gomi Shopping

Tinggal di developed country macam Korsel, Jepang, negara2 Eropa, kadang sering bikin dompet bokek dng cpt, krn harga2 biasanya berlipat2 dr developing country macam Indonesia, China, dll. Harga2 yg mahal di karenakan tingginya ongkos tenaga kerja shg ongkos produksi nya jd jadi ikut tinggi.

Nah krn ongkos tenaga kerja tinggi, seringnya memperbaiki barang lebih mahal drpd beli baru………fenomena ini lah yg mau saya bahas diblog kali ini. Saya mau tulis tentang Gomi Shopping.

Gomi adl bhs Jepangnya buat sampah. Istilah gomi shopping di ciptakan oleh org2 asing yg tinggal di Jepang di awal tahun 90an saat Jepang lg on top of the world. Selain tinggi nya ongkos tenaga kerja, ekonomi yg lg booming dan jg budaya dimana mereka merasa second hand goods itu kotor dan tidak suci lg. Semua hal itu jd bikin org Jepang gampang bgt buang barang. Hubby cerita, pertama kali dia tinggal di Jepang 80% barang di apt nya adalah hasil gomi shopping, dia bahkan berulang kali nemu barang2 yg masi baru gres, misal dia pernah nemu toaster oven yg masi gres di kotaknya yg dibuang ama pemiliknya krn ada goresan kecil di permukaan oven, blum lg lemari2 baju gede, sepeda, bahkan sekali waktu hubby nemu kulkas yg masi ok cuman agak kotor dikit.

Dulu ketika masi dating, kalo hubby cerita soal gomi shopping saya cuman bisa manggut2 sambil mencoba membayangkan. Skr tinggal di salah satu developed country, saya mengalami sendiri. Awalnya ketika lg buang sampah di TPA kompleks gak sengaja liat spring bed ukuran queen size yg masi mulus di buang oleh salah satu penghuni apt yg lg mau pindah. Saya cuman melongo, lgs pulang manggil suami n jg ambil center krn itu udah mlm. Tyt di TPA ada macem2 barang mulai dr spring bed, kursi sofa, speaker set gede yg biasanya di pake di tempat karaoke, barang2 dapur, jaket2 n baju2. Lgs deh dgn center di tangan dan semangat 45, kita berdua bongkar n liat barang yang bisa kita pake lg. Aduh kalo gak inget kalo apt sempit mungkin semua barang udah kita angkut abis.........

Gimana gak melongo stl kita cek tyt spring bed yg dibuang itu masi bagus......inget di rumah dulu pas kecil krn ortu blum ada duit kita pake kasur busa yg selalu anjlok stl bbrp bulan, trus liat speaker gede itu jg inget dulu di KMK kalo mau ada acara kudu minjem sound system kanan kiri, trus nemu baju2 yg masi bagus2 jd inget pembantu dirumah yg kalo dikasi baju bekas mama senengnya minta ampun...ini baju masi keren2 kotor aja gak di buang........aduh pgn rasanya ambil semua trus kirim ke Indonesia. Blum lg lemari2 baju mulai yg dr plastik smp yg dr kayu. Gemes abis.......saya smp ngomong ke hubby....Tuhan itu maha adil deh.....soalnya kalo kita berdua tinggal di rumah gede kyk di Sby pasti semua barang itu kita angkut deh.....yah krn apt cuman seuprit jg kudu bener2 milih.

Akhirnya stl milih dgn stg mati dan dgn gak rela, kita pulang dgn 2 jaket, meja rias, cup keramik guede buat tempat bolpen (foto), beberapa keranjang rotan buat naruh buah. Dgn bener2 hati gak rela kita kudu ninggal kursi sofa yg masi bagus n spring bed nya.....hiks hiks.........

ceramic cup

No comments:

Post a Comment