Friday, January 7, 2011

Korean Food (part-1)

Benernya blog ini udah di rencanakan bbrp minggu yg lalu, but one thing lead to another...selalu tertunda.......
Ok so far ini yg bisa saya tulis soal Korean Food.........maklum masi baru 4 bulan disini....entar kalo udah agak  lama an, saya tambah lg info nya......

So.....kalo ngomong korean food yg pertama2 kudu di cover adalah...KIMCHI..........yap kimchi.......ini kudu bener2 di tulis dgn huruf gede krn hampir setiap makanan di makan dgn ato di masak dgn kimchi. Kimchi sendiri adalah side dish acar sayuran pedas, hampir semua sayuran di buat kimchi, yg paling populer adl sawi putih, daun bawang n timun. Bahan dasar nya, air garam, bawang, daun bawang, bubuk cabe, bubuk jahe, bawang bombay, anchovies, kadang di tambahan acar udang kecil. Wis pokoke klo makanan korea gak lengkap tanpa kimchi. Kimchi gak cuman jd side dish, jg di pake buat sup, gorengan. Kalo temen2 gak suka bau acar, teramat sangat di sarankan jgn makan makanan Korea ato visit Korea, krn dimana2 bau kimchi. Saking cinta nya ama kimchi, disini ada kulkas dng berbagai ukuran khusus kimchi, bahkan ada gift box buat ngado kimchi.  Smua ibu rt tau gimana bikin kimchi, mulai dr cara tradional yaitu pake guci keramik trus di pendem di dlm tanah ato pake kotak plastik trus di taruh di kulkas kimchi. Gak bisa ato gak mau bikin dewe ke supermarket ato toko sayur terdekat aja, mereka jualan home made kimchi ato kimchi buatan pabrik dng berbagai macam merek.  Tiap daerah dan kota punya ciri khas beda2 dlm bikin kimchi.  Ada yg dikasi ikan lokal yg cuman ada di satu daerah, ada yg di kasi buah spt apel ato jeruk biar tambah seger.
kimchi
Makanan khas korea yg mudah di dpt dan mudah di bikin: Kimbab dan Bibimbab. Dua makanan ini termasuk korean fast food.
kimbab
Kimbab (gimbab) adl sushi model korea, jg di kenal sbg korean fast food krn bikinnya mudah n cepet. Gim berarti nori ato rumput laut kering. Bab (bap) berarti nasi putih, apa aja yg ada tulisan bap, berarti ada nasi putihnya. Dibuat dr nasi yg udah di campur cuka, minyak wijen, n sedikit kecap asin, trus di gulung pake nori (rumpur laut kering). Dlm nya biasanya berisi acar lobak, telor dadar, akar Gobo, timun, wortel. Dagingnya bisa bervariasi mulai dr tuna, ham, bulgogi dan daging kepiting olahan.
bibimbab
Bibimbab arti nya nasi campur. Dibuat dgn nasi putih anget, timun, wortel, bayam ato bisa diganti dgn selada, irisan kimchi, cambah besar, telor ceplok 1/2 matang, spt nasi campur di Indonesia lauk dagingnya bisa macem, mulai dr daging sapi masak kecap asin, daging babi cacah yg di goreng garing, fillet ikan ato ayam fillet. Trus dikasi bumbu Gochujang ato pasta cabe.
Gochujang sendiri di buat dr bubuk cabe yg di campur dgn bubuk ketan dan semacam tauco lalu di taruh di dlm gentong tanah liat, trus di taruh di luar agar matahari bisa menfermentasi slm bertahun2.
proses pembuatan gochujang gochujang
Semua bahan bibimbab di taruh di dlm mangkok yg besar, ada beberapa daerah yg menggunakan mangkok tanah liat yg di panaskan, tp sebagian besar memakai mangkok stainless steel. Mangkok nya harus besar krn sbl di makan semua nya hrs di campur agar semua bahan n bumbu termasuk kuning telur yg stg matang,  nyampur dgn nasinya. Juga ada bibim guksu, yaitu bibim yg pake mie.

Seperti nasi campur dan nasi pecel yg selalu mudah di dpt hampir semua resto dan warung di Jawa timur. Kimbab dan bibimbab jg mudah di dpt di Korea, tinggal cari aja resto ato depot yg jendela dan pintu nya di buat dr kaca gede, trus semua menu dan harga makanannya di tempel di jendela kacanya scr vertikal. Trus yg punya dan yg masak adl 2-3 ibu2 stg baya. Selain 2 masakan td mereka jg selalu sedia ramyeon alias mie rebus pedes ala korea, dan kasye (katsu/cutlet) yaitu bistik goreng, biasanya di buat dr daging babi cacah ato fillet ayam ato fillet ikan yg di kasi tepung roti trus di goreng garing trus disiram bumbu asam manis, di sediakan dgn nasi anget, potongan nata de coco dan peach kalengan, irisan kol yg di siram thousand island. Biasanya di temani  semangkok sup miso yg anget....n gratis lg he hehe....

Tambahan info, kimbab, bibimbab, ramyen dan sosye sgt populer krn selain mudah dan cepat bikinnya, harganya jg hemat. Kimbab biasanya berkisar antara 1000-3500 won, tergantung isi dan dimana jualnya. Bibimbab berkisar antara 2000-5000 won, ramyeon 2500-5500 won dan kasye antara 3500-6500 won.

Well ini dulu utk part 1....to be continued deh!

No comments:

Post a Comment