Friday, January 7, 2011

Korean Trip (part 3)

Drpada ngangur nunggu jemputan makan siang, saya jalan2 di sekitar Imgigak hill. Meskipun pake kata hill, jgn di bayangin kalo tmp ini kyk bukit yg rindang yg besar, tmp ini cuman dataran yg agak tinggi dikit. Disini ada Freedom Bridge yg lgs nyambung ke rel kereta yg menghubkan Korsel n Korut. Jembatan kayu kecil ini di beri nama Freedom Bridge krn stl perang korea, 2 belah pihak saling bertukar tawanan perang di jembatan ini, jg di masa lalu byk pengungsi Korut yg lari lewat sungai Imjin masuk lwt jembatan ini. Jembatan ini mirip bgt ama jembatan yg di pake di film 007 Die Another Day, pas si koko Pierce di lepasin balik ke korsel. Sayang skr jembatan ini cuman sbg tempat atraksi turis doank, ujung jembatan di tutup papan kayu tebel, dan org2 menempelkan foto2 kluarga dan doa2 bagi mereka yg tertinggal di Korut, jg ada foto2 21 pekerja Red Cross International dr Jepang yg di culik Korut di tahun 70an.

pemandangan rel kereta dr Imjigak Monumen Freedom BridgeFreedom Bridge
Kira2 jam 1 an, jemputan akhirnya dtg jg, agak bikin bingung krn bis, guide and group tur nya ganti.  Stl makan siang guide yg baru akhirnya menjelaskan knp kok pd ganti semua. Ganti grup tour krn gak semua org ambil paket yg sama, kebetulan saya ambil paket lengkap (booo kyk beli ayam di KFC aja), yg berarti saya bisa liat semua tmp, ada bbrp yg cuman ikut smp imjigak aja, ada yg cuman ikut buat Panmunjom aja. Trus ganti bis n ganti guide, krn abis lunch kita bakal ke Panmunjom (JSA) dimana gak sembarang org korsel boleh masuk sana, yg boleh cuman tentara yg memang di tugaskan buat jaga perbatasan, guide yg sudah di beri ijin, bahkan pejabat pemerintah aja cuma bisa masuk kalo dpt ijin dr president. Bahkan nanti smp di sana supir nya gak boleh masuk camp, supir dan bis menunggu di tmp parkir di luar camp, dan semua turis n guide bakal naik bis punyanya JSA.

Di bis si guide jelasin lagi peraturan2 yg tertulis di brosur tour. Salah satu nya adalah peraturan soal pakaian, di brosur tertulis turis di larang pake pakaian jeans sobek2, tank top, celana pendek, celana ketat, baju transparan, baju yg terlalu ketat, baju yg mirip2 militer, sandal yg terbuka. Pas baca brosur pertama kali saya udah yg mengerut dahi....weleh kok kyk mau ketemu pejabat aja....tyt ada alasannya larangan soal baju2 itu dikarenakan di masa lalu turis2 yg pake baju2 diatas biasanya bakal di foto ama pihak korut trus di pake buat proganda di negara nya dgn bilang: " Tuch liat org2 di luar korut tuch miskin2 baju nya aja gak lengkap n gak keruan!" WHAT? weleh bgt sich pemerintah Korut ini......Trus yg soal gak boleh pake sandal terbuka apalg sandal jepit, ini di karenakan kalo ada apa2 entar susah larinya and gak boleh nunjuk ato melambaikan tangan di depan tentara2 Korut nanti dianggap sbg provokasi.....HEI???? begitu denger penjelasan ini kita2 lgs tegang......mulai deh dalam hati doa2 sendiri....... Begitu smp JSA camp kita kudu nunggu salah satu tentara JSA buat recheck passport, yg masuk adl tentara dr US yg masi muda bgt.....lumayan cakep sich cuman muka nya dingin bgt waiks.......
Gerbang masuk Panmunjom (JSA)
Stl cek lancar kita semua pada pindah bis, begitu duduk lgs di warning ama guide, kalo jgn sembarang foto, kudu nunggu di guide kasi ijin baru boleh foto2....wehhhhhhhhhhhh ketatnya........

Pertama kali berhenti di theathre room buat tanda tangan pernyataan kalo sesuatu terjadi ama kita2 JSA dan pemerintah Korsel tidak bertg jawab lagi........HAH??? waduh kyk tanda tangan surat wasiat deh..... doa2 nya tambah kenceng......... stl tanda tangan di liatin film pendek ttg sejarah JSA dan panmunjom, agak bosenin sich abis cuman ngulang yg udah ada di brosur. Abis dr sini kita ke Freedom House.

Freedom House adl gedung bertingkat 4 yg lokasi nya pas di blk  Conference Room yg membagi korea menjadi 2, gedung ini dinamakan Freedom House krn jk ada pembelot ato pengungsi dr Korut, mereka bakal di tampung disini, sambil menunggu surat2 dan di cek apakah mereka bener2 pengungsi bukan mata2.  Disini begitu turun kita lgs disuru baris 2  org, n dilarang keras memfoto gedungnya, kita digiring ke lt 2 sebuah pagoda terbuka, dimana pagoda ini menhadap ke arah Korut, disini kita boleh dgn bebas foto2 pihak korut tp gak boleh foto pihak korsel. Kita jg liat kalo pihak Korut jg foto kita2 n trus mengawasi kita pake teropong. Disini Guide mengingatkan kita, kalo pas deket ama ato ngelihat tentar Korut, jgn ajak ngomong, tersenyum pun dilarang, krn nanti bos si tentara menganggap si tentara mengirim pesan rahasia ke kita, dan dia jg kluarganya bisa2 di kirim ke kamp penyiksaan.....waiks....gak abis2 bikin tegang nich tempat...
Korut dr pagodapos penjaga perbatasan KorutMe at the pagoda
Stl dr pagoda, kita di giring lagi ke Conference Room, yg sering di gunakan 2 belah pihak utk menanda tangani berbagai dokumen perjanjian damai. Di dlm ruangan ada meja persegi empang panjang yg di tempatkan pas di atas perbatasan, di satu sisi merupakan sisi Korut di sisi lain punya Korsel. Utk membedakan sisi yg mana, meja di bagi memakai bendera kecil dan kabel mikrofon. Disalah satu ujung meja, di jaga ama satu tentara JSA, sekali lagi si guide lgs warning, kita gak boleh ajak ngomong, pegang2 ato godain si penjaga, n gak boleh jalan di depan ato di belakang dia, masi untung boleh di foto.  Setiap hari sekali pintu di bagian Korut akan di cek apakah masi terkunci, yg mengecek adalah 2 org tentara penjaga, satu buat cek pintu dan yg lain memegang tangan si pengecek pintu, hal ini di lakukan krn di masa lalu ada bbrp kejadian si pengecek pintu hampir saja di tarik tiba2 dr oleh pihak Korut.
Sisi kanan Korut n sisi kiri KorselMe n JSA Guard
Dari jendela Conference Room, kita bisa liat beton panjang yg memisahkan 2 saudara......... Di satu sisi bisa liat tentara JSA, tp WAIT...tentara Korut nya kok ilang...... tyt kalo ada turis, tentara2 Korut lgs di tarik, krn mereka gak mau tentara nya di foto.
beton pemisah 2 saudara, kiri Korut kanan KorselTentara JSA, 1 mata melihat Korut 1 mata melihat tembok
Abis dr Conference Room, kita diajak ke Obsevatory Post, dimana kita bisa melihat bbrp pos penjaga Korut yg lain2 dan jg liat bendera Korut yg gede n tinggi bgt.
View from Observatory Post in Panmunjom
Dr sini kita di ajak ke Bridge of No Return, dimana stl perang selesai para tawanan perang dr 2 belah pihak di perbolehkan utk memilih mau ikut yg mana, dan stl itu mereka tidak bisa kembali lg. Sayang krn pas saya kesana keadaan politik lg panas jd kita2 gak boleh turun dr bis, cuman boleh foto2 dr dlm bis.
Bridge of No Return
Smp di tempat parkir kita dpt 20 menit bebas buat blanja di toko souvenir JSA, lumayan nyempetin buat beli gantungan kunci n kaosnya. Stl itu back to Seoul...........

No comments:

Post a Comment