Friday, January 7, 2011

Korean Food part 2

Akhirnya stl menunda2 slm bbrp minggu dpt inspirasi jg buat nulis. Benernya sich salah satu inspirasi nya stl 1 minggu cuman boleh makan yg lunak krn gusi masi penuh jahitan, kmrn dgn sukses jahitan di angkat dan dokter gigi nya yg manis n cantik, bilang " you can eat anything, just be careful when biting"....hooorrayyyy....

Makanan Korea yang paling terkenal selain kimchi yaitu Bulgogi alias BBQ, daging yg di BBQ biasanya adalah sapi dan babi. Dan spt kebanyakan negara Asia, org Korea memakan hampir semua bagian dr binatang, mulai dr daging sampai jerohannya. Daging yg sudah di potong lalu di panggang sebentar lalu di cocol dgn bumbu gochujang yg pedas lalu di taruh di selembar daun selada atau daun wijen mentah lalu dimakan bersama. Spt kita kalo makan ikan bakar dgn lalapannya. Biasanya jg di sediakan cabe hijau besar juga. Dimana biasanya sambil nunggu BBQ nya matang  cabe hijau yg di cocol dgn gochujang jd cemilannya. Kebetulan kemaren saya n hubby nyoba BBQ usus babi, dimana usus babi di potong lalu di lumuri saos pedas. Orang Korea jg sangat suka makan bawang putih, apalg dng BBQ, yg jg selalu di temani sup miso
.
bumbu gochujang n lalapan nyaBBQ usus babidaun selada+BBQ usus babi
miso soup
Biasanya stl daging habis, kita di tanya apa mau pesan nasi putih. Nasi nya di campur dgn bumbu yg tersisa di atas panggangan atau kadang kita bisa pesan dimana mereka menyampur nya lgs di dapur, spt nasi goreng.
nasi goreng kimchi wit smiley face
Selain BBQ, org Korea jg suka makan soup. Dimana soup bisa di bikin dr ikan, kerang, daging babi, daging sapi dan ayam. Biasanya campuran soup adalah kimchi ato ginseng atau hongzhou alias red date. Seperti org Indonesia mereka mencampur nasi putih dgn sup, spt kita kalo makan nasi soto ato nasi rawon.

Seafood jd termasuk makanan yg sangat di gemari di Korea, spt org Jepang mereka jg suka makan Sashimi, selain di makan dgn wasabi mereka jg memakannya dgn bumbu gochujang.

Jika Chinese terkenal dgn arak putihnya, Korea jg punya Soju.  Spt arak putih, Soju jg di buat dr beras yg di fermentasi dan distilasi.
Soju

Spt kita2 org Korea jg suka jajan. Salah satu jajan yg populer adalah Odeng, yg biasanya di buat dr tepung ikan yg dibuat menjadi lemabaran lalu di potong panjang2 dan di tusuk dgn tusukan sate, lalu di masak di dlm air kaldu ikan ato kaldu tulang, dan kaldunya bisa di minum gratis, apalg musim dingin gini, kaldu yg panas enak bgt buat angetin badan. Biasanya odeng di jual di warung2 kecil dan bisa di temukan di hampir setiap sudut jalan, warung odeng jg biasanya menjual sanck manis yg berbentuk ikan ato Taiyaki . Dan berisi cream atu kacang ijo tumbuk ato kacang merah.
warung-odeng
odenglittle-fish
ok ini dulu utk Korean food, to be continued stl ada info baru lg.......

No comments:

Post a Comment