Saturday, January 8, 2011

Kacamata Kuda

Hari senin kemaren saya kebetulan mesti pulang kampung buat ngurus beberapa surat. Gak sengaja saya memperhatikan Delman, yang masi di pake di kota2 kecil di tempat saya sbg alat transport. Saya sempet merasa kasian ama kuda nya krn kacamata yg di pasangin di samping masing2 mata kuda tsb jadi bikin ribet, sampe kepala nya kudu miring2 biar bisa liat. Tapi saya jg mengerti kalo gak di kasi kacamata maka kuda itu bakal mudah terpecah perhatiannya, yg notabene bisa bikin semua yg ada di delman terancam bahaya.
Saya jadi inget omongan salah satu guru SD saya, dia bilang "Kalian nanti kalo udah gede jgn pasang kacamata kuda di hati dan pikiran kalian, buka pikiran dan hati!" Pertama kali denger cuman melongo krn gak ngerti. Skr saya jd ngerti apa yg di maksud dr kalimat itu. Karena byk org yg memasang "kacamata kuda" ke diri nya sendiri, dng membiarkan diri nya berpikiran sempit dan menolak mentah2 pendapat org lain yg berbeda dgn pikirinannya. Ada jg org2 yg membiarkan dirinya di kasi kacamata kuda oleh negara dan lingkungan. Contoh org2 yg dikasi kacamata kuda oleh negara adl org2 Korea Utara yg menolak mentah2 pemikiran2 lain selain dr Presidennya.

So temen2 mau pilih yg mana?

No comments:

Post a Comment