Friday, January 7, 2011

My Korean trip (part 1)

Januari stl hubby dpt libur semesteran, kita mutusin buat travelling, pertama2 pgn ke Bali ato ke Thailand cari yg anget2, tp stl diitung2 mahal di ongkos psw nya. Akhirnya kita mutusin ke Seoul aja, lebih deket n lebih murah.

Stl nitipin si Tiger ke klinik hewan, kita ke Masan train station. Ada 2 pilihan kereta, naik KTX (kereta super cepat yg diimport dr pabrik nya CGV di prancis) cuman 5 jam, cuman kudu pindah kereta di kota Miryang, 2 jam dr Masan. Ato naik kereta yg lambat tp gak pake ganti, smp Seoul 6 jam. Hubby bilang mending naik yg lambat aja krn CGV meskipun cepet tp jarak antar kuris pendek bgt, smp2 susah buat nekuk kaki, lagian harga kreta lambat lebih murah 50%, n stl di pikir2 cuman beda 1 jam. Yah akhirnya mutusin naik kreta lambat, toch gak buru2 n krn lg liburan kita milih yg lebih comfy. Jam 10.37, kreta dtg pas tepat waktu, n kita lgs naik krn kreta cuman berhenti 2 menit. Begitu duduk lgs bongkar bontotan, air minum, orange juice buat hubby, susu coklat buat saya n beberapa onigiri (nasi kepal) isi kimchi (whatelse!). N lgs deh cari kereta makan.....weleh kreta nya bikin iri n sekaligus bikin sedih. Bikin iri krn di kereta makan ada 2 booth buat karaoke tinggal masukin 1000 won bisa karaoke selama 15 menit, sayang semua lagu korea, trus ada booth pijet, didlmnya ada kursi pijet 15 menit jg 1000 won, kalo bosen ada 5 komputer buat internetan, tinggal masukin koin 500 won, bisa ngenet selama 15 menit. Nah yg bikin sedih makanannya cuman snack, kopi, teh, soft drink, beer n soju, ada juga nasi kari ayam n bibimbab cuman sayang nya semua ini bukan fresh, tp microwave food......sigh......jd rindu kreta di indonesia, yg tiap bbrp menit pasti aja yg jualan es teh, es jeruk manis, nasi goreng, nasi pecel, wingko babat, pisang, teh botol sostro....hiks hiks...yah untunglah udah siap sedia. Kalo di pikir2 Korsel itu kecil jg ya dr ujung selatan sampe ke ujung utara cuman 6 jam naik kereta.

Seoul Station

Sampe Seoul Station stg lima sore,  untunglah hotel yg udah kita booking deket ama Seoul Station, tinggal jalan 15 menit, hotel nya agak masuk di gang.  Hotel yg kita booking, aslinya backpackers hotel, nama nya aja Seoul Backpacker, asik jg ada kulkas n microwave communal, tp kamar mandi masi pribadi, n spt sebagian besar rumah n apt di Korea, pemanasnya di pasang di lantai. Ok...stl naruh barang2 di kamar, mulai laper deh waktu nya cari makan. Stl nanya2 ama resepsionis hotel, di kasi tau tyt di depan gang, tinggal nyebrang jalan gede, lgs ke pasar Namdaemun, pasar grosir paling terkenal di Seoul. Pasar ini kyk pasar Turi jual macem2, termasuk tas, baju, kacamata n aksesoris tembakan, sebagian besar tokonya tutup jam 6 sore, abis itu jalan pasar di tutup buat kendaraan n jadi pasar malem. Begitu jalan masuk ke pasar lgs ketemu warung2 yg jualan BBQ seafood n daging.  Nemu warung yg cocok, krn yg jualan ramah abis, bahkan bantuin liat peta n nunjukin tempat2 yg asik. Pesen belut masak pedes, pancake daun bawang, n mihun goreng, rasa nya not bad, sayang mereka cuman bisa bikin rasa pedes, gak bisa yg lain. Abis makan jalan2 dikit liat2 pasar malemnya, yg di penuhin ama turis jepang, tyt sejak tahun lalu Won nilainya jatuh, apalg di bandingin ama Yen Jepang, belanja di korsel jd jauh lebih murah di bandingin di Jepang sendiri, itu pun termasuk ongkos psw n hotel. Bahkan turis dr HK jd meningkat krn barang2 yg biasanya lebih murah di HK, skr kalah murah ama korsel stl Won jatuh nilai nya. Krn besok nya kudu bangun pagi2 buat ikut DMZ tur, kita mutusin pulang ke hotel.
street food at Namdaemun MarketNamdaemum MarketBBQ Belut masak pedas street food at Namdaemun Market
Hari kedua, bangun jam 6 pagi krn jam 8 tur ke DMZ brkt dr Lotte Hotel, dan jam stg 8 kudu kumpul dulu buat briefing n cek passport. DMZ adalah area perbatasan Korsel n Korut dimana di dlm 4 km area tidak boleh ada satu org pun dr kedua negara yg berhak utk menginjakan kaki alias 4 Km of no man lands. Lagian sebagian besar area tersebut di penuhi dgn ranjau darat.  Ikut tur ini jg gak gampang krn  pemegang passport dr negara2 ini: Afghanistan, Cuba, Iran, Iraq, Libya, North Korea, Pakistan, Sudan, Syria, Algeria, Azerbaijan, Bahrain, Bangladesh, Belarus, Egypt, Estonia, Georgia, India, Indonesia, Jordan, Kazakhstan, Kuwait, Kyrgyzstan, Latvia, Lebanon, Lithuania, Moldova, Malaysia, Morocco, Nigeria, China(Hong Kong, Macau), Oman, Qatar, Russia, Saudi Arabia, Somalia, Taiwan, Tunisia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraine, UAE, Uzbekistan, Vietnam, Yemen; kudu kirim scan passport halaman foto ke DMZ tours website minim 3 hari sebelum hari tournya, biar bisa di confirm apa pemegang passport nya bener2 bukan  mata2.....yaiks.......dan cuman pemegang passport dr negara2 ini: USA, UK, Canada, Columbia, Yunani, Ethiopia, Prancis, Luxemburg, Belanda, Philipina, Thailand, New Zealand, Turkey, Afrika Selatan, Australia dan Belgia; yg boleh lgs ikut tanpa konfirmasi email. 16 negara ini adalah negara2 yg membantu korsel di perang korea th 1950. Ok....back to my travel story..........

Tyt Lotte hotel itu dkt bgt ama hotel tempat kita tinggal, naik taksi cuman 10 menit. jd smp sana saya masi kepagian, tyt petugas nya udah siap dan menunggu, lgs deh passport di cocokin ama daftar nya ama seklian bayar, krn ikut tur yg full 1 hari, jd fee nya 120,000 KRW, udah termasuk makan siang. Jam 7.35 bis nya smp di depan hotel, drpd bosen nunggu di lobby hotel, lgs aja naik ke bis sekalian liat2 sapa aja yg ikut tur, waiks....tyt dr 35 org yg daftar 31 nya turis jepang.....walah minoritas deh...untung masi ada temen sesama turis yg non jepang, pasangan chinese canadian n bisnismen dr London, lumayan ada temen ngobrol drpd BT dengerin guide nya ngoceh bhs jepang, n tyt jg kita2 yg ngomong inggris dpt guide sendiri.....untunglah......
DMZ bagian korsel berada di daerah yg bernama Panmunjeon. Panmunjeon bener nya deket bgt ama Seoul, cuman 60 Km dr Seoul. Maka nya dulu pas perang Korea, Korut gampang bgt ambil alih Seoul. Ok......sepanjang perjalanan guide jepang ngoceh trus tanpa titik tanpa koma.....lama2 kita2 turis berbhs inggris jd pgn tau jg, apa aja sich yg jelasin smp segitu nya, ngerasa kita mulai ribet guide inggris kita akhirnya ikutan berdiri trus jelasin kalo guide jepang itu cuman ngulang penjelasan briefing n penjelasan brosur, kalo kita2 ada pertanyaan tinggal nanya dia aja. Wah ini pas bgt krn trus terang saya lebih tertarik pendapat org korsel sendiri mengenai korut, lgs aja nanya ke guide, apa dia benci org korut?, si guide dgn muka sedih bilang, dia gak benci org korut toch org korut n korsel adl sodara sedarah, nenek moyang mereka sama2 org sungai Han (sungai yg mengalir dr gunug Geumjang di  Korut, membelah kota Seoul jd 2 lalu mengalir smp ke Laut Kuning di China), sama2 berbahasa korea, suka kimchi n suka soju, yg dia benci adl pemerintah Korut. Wah....jd mikir gimana ya rasanya kalo misal Surabaya di bagi jd 2, trus kluarga n temen2 di sisi lain gak bisa saling mengunjungi hanya krn perbedaan pandangan politik...hiii...jd ngeri.... Stl guidenya ngomong gitu, kita2 jd diem sejenak mikir, baru mikir bentar kita tau2 lewat sisi sungai Han yg di pageri ama kawat berduri yg lumayan tinggi, jd pgn tau lg, si guide lgs jelasin kalo di musim dingin th 70an, ada 2 mata2 dr Korut yg mencoba nyelundup masuk lewat sungai Han, pake  alat2 scuba seadanya nyelam selama 12 jam sebelum akhirnya ketauannya n pas mau di tangkap, mencoba lari n akhir nya di tembak mati. Gluks.....padahal kita masi blum masuk area DMZ.....

Semakin deket ama area nya semakin sepi jalannya, tinggal bbrp truk2 gede n bis2 tur, 2 km sbl masuk ke gerbang DMZ tau2 si guide nunjukin  gerbang batu gede di kdua sisi jalan. Dia jelasin kalo itu adalah gerbang anti tank, dan di sekitar area DMZ ada 6-8 gerbang anti tank. Gerbang anti tank adl gerbang yg di lengkapi dgn sensor otomatis, jd kalo ada kendaraan yg berat nya segede tank ato lebih, gerbang tersebut lgs meledak buat ngeruntuhin semua batu yg ada, yg menunda masuk nya tank selama 45 menit, menurut itungan kalo emang ada invasi dr Korut gerbang2 tersebut bisa kasi waktu pihak Korsel buat evakuasi penduduk Seoul. Waduh bikin tambah nervous, mana si guide pake ngomong,: jgn kuatir bis kita jalannya bisa cepet kok jd kalo ada apa2 kita bisa cepetan lari. WAH......blum selesai kaget nya, kita sampe ke gerbang check point pertama, dimana kita kudu nunjukin passport ke tentara jaga, lalu nama kita di cocokin ama daftar yg udah di fax ke mereka, wah...kyk lewat imigrasi aja....check point ini pas di ujungnya jembatan Tongil, satu2 nya jembatan darat yg menhubungkan Korsel n Korut. Di depan check point ada poster gede ttg bahaya ranjau darat, pas mau foto lgs di larang ama guide krn peraturannya di larang foto fasilitas militer Korsel n masalahnya posternya nempel di barak tentara, yah sayang deh....Stl lewat jembatan kita mampir dulu ke Imjingak, buat mereka yg butuh ke kamar kecil n butuh beli snack. Stl 10 menit, kita brkt ke 3rd infiltration tunnel. Tyt stl perjanjian damai dan genjatan senjata, pihak Korut masi gatel buat ambil alih Korsel. Jadi sejak th 70an sampai th 90an, mereka diam2 bikin 4 trowongan bawah tanah buat jalan tentara2 Korut.  Salah satu trowongan tsb yg di buka buat umum adl trowongan nomer 3, dgn panjang 1,7 km, tinggi 1,95 m, dan lebar 2.1 m, di perkiraan trowongan ini bisa bikin 4000 tentara smp ke Seoul dlm waktu 5 jam...WOW...gile euy...untung ketaun duluan, kalo gak perang Korea lagi donk. Biar trowongan ini gak di pake buat invasi lg pihak Korsel blokir trowongan stl 450 M dr pintu masuk. Disini kita jg gak boleh foto2. Tyt di atas trowongan ada museum kecil, nunjukin barang2 eks perang yg di temuin di sekitar trowongan dan jg peta ke empat trowongan, yg paling menyentuh dr semua barang di museum itu adl poster gede yg nunjukin bpk tua nangis sambil megang kawat berduri nya DMZ.
An old north korean man grieving for his families left in North Korea
Ceritanya spt byk org Korut yg lari ke Korsel, bapak ini jg ninggalin kluarga di Korut, tiap th dia ke DMZ dan menangis krn dia tau, smp akhir hayat nya dia gak bakal bisa liat kluarga nya lg. Ahh......again....S stupid political views deviding families n friends.

Dari trowongan kita ke Dora Mount Observatory, dimana kita bisa liat dr jauh, Kijungdong Propaganda Village, desa yg di bangun dgn tujuan propaganda, desa nya sendiri cuman gedung2 tinggi yg kosong melompong yg tinggal disana cuman beberapa tentara penjaga, didesa itu jg terdapat tiang bendera terbesar dan tertinggi di dunia.
Kijungdong proganda village n world tallest flag pole from Dora Mount observatory
Stl dr Dora Mount Observatory kita ke Dora mountain train station, statiun kereta paling akhir di korsel sebelum masuk ke Korut......