Friday, January 7, 2011

Korean Trip (part 2)

Dora Mount Station, spt di blog sbl nya adl stasiun korsel yg paling utara, istilahnya the last frontier. Stasiunnya modern bgt, gimana enggak, ini khan stasiun yg  memfasilitasasi 2 negara.

Di stasiun ini jg ada peta rel kereta yg di rencanakan akan menyatukan eropa dan asia timur, dimana kereta akan berawal dr Busan,  melewati Rusia dan berakhir di eropa, dinamai Eurosia railway. Tapi sayang ketika rel kereta ini selesai di bgn smp di korut, pihak korut dgn liciknya memutuskan kontrak, padahal rel kereta itu semuanya di biayai korsel. Rel kereta ini jg yg masi di pakai oleh pihak China utk mengangkut barang ke korut, dan jg kalo ada turis yg nekat mau mengunjungi Korut hrs lewat Beijing trus naik kereta yg melewati rel ini.

Pas saya mengunjungi stasiun Dora Mount, stasiun masi blum beroperasi krn 2 bulan sblnya korut menutup semua perbatasan dgn korsel, dng alasan korsel tidak menghormati korut krn membiarkan bbrp org nya mengirim balon2 yg berisi uang korut n foto2 korsel. Bbrp hari yg lalu perbatasan baru di buka lg.

Outside Dora mount Sta.the sign in Dora Mount sta.Eurosia train track mapMe at Dora mount sta.me n the guards at Dora mount sta
Di sebelah stasiun, terdpt gerbang tol yg menghubungkan 2 negara, yg boleh lewat situ hanya org2 korsel yg bekerja di korut dan truk2 yg mengangkut bahan2 mentah spt minyak. Sebagian besar truk2 tersebut menuju ke Kaesong industrial region, 10 Km dr DMZ. Kaesong adl kota industri yg di bangun oleh Hyundai, konglomerat dunia pemilik Hyundai Corp. Di Kaesong terdapat 72 pabrik dr korsel yg memperkerjakan lebih dr 300 rb penduduk korut. Ide utk membuat Kaesong Industrial Region awalnya adl utk membantu penduduk korut agar lebih bisa mandiri scr ekonomi, hal ini di dasari dr si Mr. Hyundaii yg tyt berasal dr korut dan dia ingin melihat korut sbg negara yg gak cuman bisa bikin senjata nuklir. Mr. Hyundai ini jg pernah nyumbang 10,000 sapi ke Korut di th 80 an utk membantu wabah kelaparan.

Stl selesai dr stasiun Dora Mount, kita di giring ke Imjigak hill buat nunggu bis lain yg bakal angkut kita ke tmp makan siang.

To be continued.......

No comments:

Post a Comment